7 Cara Jitu Mengatasi Limit Google Drive !!!

Google drive adalah salah satu platform yang populer untuk menyimpan dan membagikan file karena penggunaannya yang mudah dan tentunya ke...

Mengenal Apa Itu Bitcoin (Uang Virtual) !!!

Bitcoin adalah sebuah mata uang yang fenomenal. Sebab sempat tercatat harga per keping pernah mencapai Rp300 juta di Indonesia loh! Wah seharga rumah sederhana ini.
Namun apakah kamu tahu apa itu Bitcoin?
Jangan cuma tahu Bitcoin harganya mahal dan menggiurkan, kamu juga harus tahu loh teknologi seperti Bitcoin itu seperti apa. Daripada bingung-bingung, yuk simak penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Bitcoin?

Sebelum kamu tertarik untuk mulai membeli Bitcoin karena tergiur oleh harganya yang melambung tinggi, ada baiknya kamu mengenal lebih dalam tentang pengertian Bitcoin. Berikut Jaka akan jabarkan informasi lengkap seputar Bitcoin untuk kamu.
Sejarah Bitcoin

Bitcoin pertama kali keluar secara umum yaitu pada Januari 2009, dibawakan oleh Satoshi Nakamoto dengan judul karya ilmiahnya "Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System".



Satoshi Nakamoto sendiri bukan nama orang, melainkan ID di sebuah forum organisasi yang mempelajari teknologi peer-to-peer. Ada yang bilang bahwa pemilik ID Satoshi Nakamoto adalah Dorian Nakamoto, namun ada juga yang bilang ia adalah Charlie Lee si pencipta Litecoin. Namun kenyataannya, TIDAK ADA YANG TAHU!
Transaksi pertama Bitcoin dilakukan oleh Satoshi Nakamoto ke seorang programmer bernama Hal Finney, yaitu sebesar 10 Bitcoin. Lalu setelah itu di tahun 2010, Satoshi Nakamoto berhenti mengembangkan Bitcoin dan menyerahkannya ke Gavin Andresen yang saat ini merupakan pimpinan developer di Bitcoin Foundation.
Harga Bitcoin saat itu sangat murah, yaitu 10 ribu Bitcoin untuk 2 potong pizza Papa John's. Menariknya Satoshi Nakamoto ternyata sempat mengantongi 1 juta Bitcoin loh. Dimana nilainya saat ini AUTO KAYA pokoknya lah!
Teknologi Bitcoin
Bitcoin menggunakan teknologi bernama Blockchain yang diproses secara peer-to-peer dan tidak terpusat (Decentralize). Hal ini membuat Bitcoin dapat dipakai untuk mengirimkan uang dari satu kantong ke kantong yang lain melalui internet tanpa ada campur tangan pihak ketiga.


Apa itu Bitcoin Blockchain sendiri merupakan sekumpulan blok angka yang kompleks dan saling terikat antara satu blok dengan blok lainnya. Diamankan pula dengan alogaritma SHA2. Hal ini membuatnya sangat aman karena apabila ada hacker menyerang, harus merubah minimal 51% dari seluruh blok yang terikat.


Namun di era sekarang ini, terus terang teknologi Bitcoin bisa dikatakan ketinggalan zaman. Terbukti dengan permasalahan Bitcoin yang terus muncul terkait dengan skalabilitas. Bahkan setidaknya pernah ada 200 ribu transaksi yang tidak mampu diproses oleh teknologi Blockchain Bitcoin.
Permasalahan dari Bitcoin ini adalah menimbulkan perpecahan dari pengembangan teknologi Bitcoin itu sendiri. Pada akhirnya menghasilkan yang namanya Bitcoin Cash, lalu Bitcoin Gold, dan ke depan masih ada Bitcoin Platinum dan masih banyak lagi. Tapi tampaknya masalah ini tidak membuat kepopuleran Bitcoin meredup, terbukti harganya malah terus melonjak tajam dan menjadi OLD BUT GOLD.
Menambang Bitcoin
Seperti Jaka bilang sebelumnya tentang apa itu Bitcoin, ya Bitcoin tidak terpusat (Decentralize) dan diproses oleh banyak komputer di seluruh dunia atau hal ini bisa disebut juga sebagai menambang Bitcoin. Dimana komputer berspesifikasi tinggi difungsikan menghitung alogaritma Bitcoin secara reverse calculation.


Alogaritma Bitcoin membuat jumlah yang bisa ditambang terbatas hanya 21 juta koin saja. Di satu sisi semakin banyak jumlah Bitcoin yang tertambang, maka tingkat kesulitan reverse calculationakan menjadi semakin sulit.
Saat ini jumlah Bitcoin yang tertambang ada 16 juta koin, tersisa kurang dari 5 juta koin lagi. Dan hal ini sudah tidak mungkin ditambang mempergunakan komputer biasa, dibutuhkan pabrik yang bisa memakan energi listrik hingga untuk 1 benua. Kamu nggak salah baca loh, menambang Bitcoin boros banget energi!
Jadi Apa Sebenarnya Bitcoin Itu?
Sesuai penjelasan tentang apa itu Bitcoin dari Jaka sebelum ini, Bitcoin telah menjadi mata uang digital pertama di dunia. Sebagai mata uang, Bitcoin tidak ada ubahnya dengan Rupiah atau Dollar atau Euro dan lain-lain. Disimpan mempergunakan yang namanya wallet digital, bisa dibilang mirip seperti internet banking yang sudah sangat populer saat ini.


Namun tampaknya julukan mata uang digital sudah tidak cocok lagi dengan Bitcoin, lebih cocok dijadikan sebagai emas digital. Sebab teknologi Bitcoin saat ini, hampir tidak mungkin menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran sehari-hari. Kalau tidak mungkin dijadikan alat pembayaran sehari-hari, tentu sulit disebut uang.



Hal ini pertama karena harga Bitcoin yang terus berubah-ubah. Kedua fee transaksi yang sangat mahal mengingat penuhnya kapasitas Blockchain. Dan terakhir karena waktu transaksi yang sangat lama dan bisa berhari-hari. Nggak mungkin bukan kamu mau beli makanan di mall, eh bayarnya butuh waktu sampai 5 hari kan?
Hal ini memicu yang lain untuk membuat teknologi Blockchain yang lebih baik, maka terlahirlah mata uang digital lain seperti Ethereum atau Litecoin atau Bitshares dan lain-lain atau bisa disebut juga sebagai alternatif koin. Semuanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing,
Berapa Harga Bitcoin Seharusnya?
Bitcoin adalah mata uang sama seperti Rupiah, Dollar, Euro dan lain-lain. Orang-orang percaya dan mau membeli Dollar seharga Rp 13 ribuan, maka itulah harga Dollar. Sama seperti Bitcoin, orang-orang percaya dan mau membeli Bitcoin seharga ratusan juta, maka itulah harga Bitcoin.



Uniknya kalau kita berpikir out of the box, sebetulnya Dollar hanya selembar kertas yang bahkan tidak bisa dimakan. Sama seperti Bitcoin yang hanya sekumpulan angka acak yang tentu juga tidak bisa dimakan. Bahkan cenderung tidak ramah lingkungan untuk keduanya.

Video Pengenalan Tentang Apa Itu Bitcoin



Untuk mengenal lebih lanjut mengenai Bitcoin, coba simak video berikut. Dijamin kamu akan semakin tertarik untuk bermain investasi tentang Bitcoin deh!
Gimana, menarik banget kan emas digital yang tidak terpusat ini? Bitcoin secara otomatis tidak dikuasai oleh negara manapun dan tidak bisa dimanipulasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar